cover
Contact Name
Ade Indra Saputra
Contact Email
admin@literasikitaindonesia.com
Phone
+6285227281672
Journal Mail Official
admin@literasikitaindonesia.com
Editorial Address
-
Location
Kab. muaro jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Literasiologi
ISSN : 27455440     EISSN : 26563320     DOI : https://doi.org/10.47783/literasiologi
Core Subject : Education, Social,
Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan tradisi dan kehidupan pendidikan, sosial yang ramah dan damai walaupun hidup dengan keberagaman, kemajemukan semua dibingkai dengan persatuan dan kesatuan “bhineka tunggal ika” yang tertulis dan terpublish.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 3 (2021): Jurnal Literasiologi" : 10 Documents clear
ANALISIS PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19 DI STAIN MANDAILING NATAL Muhammad Irsan Barus; Porma Sitangkas
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 3 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i3.310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran daring saat pandemi virus corona di STAIN Mandailing Natal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif berdasarkan analisis data dari beberapa dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa (1) aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring adalah WhatsApp, Zoom, dan Geogle Classroom; (2) tujuan pembelajaran daring tidak berbeda dengan tujuan pembelajaran tatap muka; (3) proses pembelajaran berbasis virtual class dan video conference sesuai dengan aplikasi yang digunakan; (4) evaluasi pembelajaran dilakukan dengan pemeriksaan tugas-tugas yang dikirim mahasiswa dalam bentuk file makalah, tugas ujian tengah semester (UTS), dan tugas ujian akhir semester (UAS); (5) hambatan dan rintangan pembelajaran daring yang terjadi antara lain (a) ketidakmampuan mahasiswa dalam penyediaan paket data, (b) tidak semua tempat tinggal mahasiswa memiliki jaringan internet (c) minimnya kehadiran mahasiswa, (d) kecenderungan proses belajar mengajar ke arah pelatihan, (e) masih banyak mahasiswa yang kurang mampu dalam mengoperasikan Teknologi Informasi; (f) kampus belum mampu mengoperasikan Elearning karena keterbatasan inprastruktur, (g) pelaksanaan pembelajaran yang sering tidak disiplin waktu.
PARTISIPASI PESANTREN DARUL MURSYID (PDM) DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI KECAMATAN SAIPAR DOLOK HOLE, KABUPATEN TAPANULI SELATAN Asep Safa‟at Siregar
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 3 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i3.312

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang telah banyak memberikan partisipasi dalam rangka mencerdaskan bangsa. Bahkan pesantren merupakan pendidikan pertama dan tertua di Indonesia. Kehadiran pesantren tidak dapat dipisahkan dari tuntutan umat. Karena itu, pesantren selalu menjaga hubungan yang harmonis dengan masyarakat di sekitarnya sehingga keberadaannya ditengah-tengah masyarakat tidak menjadi terasing. Demikian halnya dengan keberadaan Pesantren Darul Mursyid (PDM) yang telah berpartisipasi bagi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Partisipasi, Pesantren dan Konsep Pengembangan lembaga pendidikan AlQur?an di Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan. Partisipasi Pesantren Darul Mursyid (PDM) dalam pengembangan lembaga pendidikan Al-Qur?an di Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan terbagi tiga, yakni: 1) Partisipasi Pesantren Darul Mursyid (PDM) dalam pembiayaan lembaga pendidikan Al-Qur?an. 2) Partisipasi Pesantren Darul Mursyid (PDM) dalam Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan Al-Qur?an. 3) Partisipasi Pesantren Darul Mursyid (PDM) dalam Peningkatan Motivasi Tenaga Pendidik Lembaga Pendidikan Al-Qur?an.
IMPELEMENTASI METODE 'IBRAH PADA PEMBELAJARAN AKIDAH ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AL HUSAIN SAWANGAN, DEPOK, JAWA BARAT Elis Siti Maria Ulfah; Abdul Muid N; Muhammad Luthfi Ubaidillah; Syamsul Bahri Tanrere
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 3 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i3.314

Abstract

Setiap anak usia dini membutuhkan pendidikan aqidah yang baik. Materi dan metode pendidikan aqidah yang diberikan kepada mereka harus disesuaikan dengan level usianya. Banyak kendala memang ketika materi aqidah diberikan kepada anak usia dini. Secara materi, anak usia dini belum bisa menerima teori-teori aqidah secara sempurna dan lengkap. Begitu pula secara metode, mereka belum bisa menerima materi-materi pembelajaran aqidah seperti orang dewasa. Sesuai dengan tabiatnya, anak usia dini masih memerlukan bukti kongkrit, sederhana, dan yang mudah dicerna sesuai dengan kapasitas berpikirnya. Mereka hanya mampu berfikir dan membayangkan tentang apa yang dapat dijangkau dengan inderanya saja. Sedangkan di sisi lain, konsep aqidah lebih umum bersifat abstrak. Halhal yang bersifat ghaib tampaknya sulit untuk disampaikan kepada anak usia dini. Maka, perlu adanya metode pembelajaran yang cocok dalam menyampaikan konsep aqidah kepada anak usia dini. Salah satu solusi dalam memecahkan hal tersebut adalah dengan metode 'ibrah.
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 093 MANDAILING NATAL Nur Hamidah; Muhammad Irsan Barus
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 3 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i3.316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SDN 093 Kecamatan Panyabungan Kota Kabupaten Mandailing Natal. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriftif dengan cara mengumpulkan data baik secara langsung turun ke lapangan untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang objek penelitian penulis, sumber data yang digunakan berupa data skunder dan primer, dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) motivasi belajar siswa adalah untuk mendapatkan hadiah, pujian, prestasi, dan nilai yang bagus; ( 2) faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah faktor internal yaitu faktor yang bersumber dari dalam diri siswa yaitu kondisi jasmani dan rohani, kemampuan siswa, dan perhatian. Kedua faktor eksternal yaitu faktor yang bersumber dari luar diri siswa seperti upaya guru membelajarkan siswa, fasilitas belajar dan kondisi lingkungan di sekitar siswa.
MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU SMK IT KHOIRU UMMAH REJANG LEBONG DENGAN PROGRAM FINGER PRINT “RENKEHATU” Rajab Effendi; Jumira Warlizasusi
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 3 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i3.317

Abstract

Disiplin di tempat bekerja tidak hanya semata-mata patuh dan taat terhadap sesuatu yang kasat mata, seperti penggunaan seragam kerja, datang dan pulang sesuai jam kerja, tetapi juga patuh dan taat terhadap sesuatu yang tidak kasat mata yang melibatkan komitmen, baik dengan diri sendiri ataupun komitmen dengan sekolah atau suatu instansi. Faktor pendukung dominan bagi kedisiplinan guru berasal dari dalam diri guru sendiri. Faktor-faktor tersebut yaitu kompetensi profesional, motivasi, kreativitas, dan produktivitas guru, pendidikan, serta karakter guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni metode penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan analisa data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Program Finger Print Rengkehatu di SMK IT Khoiru Ummah dapat disimpulkan efektif diterapkan untuk meningkatkan motivasi guru agar hadir tepat waktu. Dari sisi kemampuan adaptasi dalam penggunaan Finger print Rengkehatu dalam meningkatkan disiplin kerja guru sebelumnya masih banyak yang terlambat,akan tetapi dengan program Finger Print Rengkehatu setelah diakumulasi data secara digital keterlambatan semakin berkurang hingga semua tepat waktu, Bahan ini juga kemudian dijadikan bahan kepala sekolah untuk mengevaluasi kinerja guru terutama terhadap kedisiplinan guru.
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA BRAILLE BAPER DI SLB CURUP Coryzoeniawati Coryzoeniawati
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 3 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i3.318

Abstract

Getting proper education is the right of every citizen, both normal students and students with special needs (disabilities). In this case, the tools and learning media needed are very important to support teaching and learning activities. However, there are more learning tools and media available for normal students than students with special needs. The results of the observations that the author saw in SLB Rejang Lebong were still lacking in learning tools in special schools, especially learning tools for counting, especially blind children. Thus encouraging the author to be able to create a learning aid, especially in numeracy skills for children with disabilities, especially blind children in SLB Rejang Lebong Bengkulu. Starting from the problem above, the writer tries to deal with this problem by creating learning media, especially for blind children, namely "Braile Baper" which is simultaneously used as a research on the principle of usefulness of the tool in SLB Rejang Lebong which is a tool used. to practice multiplication counting skills in a simple and fast and not boring way so that it is expected to be useful to help improve understanding of blind children in learning media for numeracy skills in mathematics, especially in arithmetic operations material. The results of the application of the Braille Baper learning media that the student activities observed during the learning process were good, seen in the student activity observation sheets as well as interviews with students applying the Braille Baper learning media were responded positively and effectively applied in learning, especially for blind children.
PENANAMAN NILAI – NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BAGI PENDIDIK Rahman Rahman; Idi Warsah; Alfauzan Amin; Adisel Adisel
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 3 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i3.319

Abstract

Penanaman nilai – nilai pendidikan multicultural bagi pendidik adalah hal yang sangat utama untuk mewujudkan situasi kondisi pendidikan yang mendamaikan dan adanya sikap saling menghormati dan menghargai. Tulisan ini menyampaikan tentang bagaimana upaya yang dilakukan untuk menanamkan nilai – nilai multicultural bagi peserta didik dan masyarakat secara umum. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan Library Research, yaitu penelusuran berbagai buku, artikel jurnal dan sumber lainnya yang memiliki keterhubungan dengan pendidikan multicultural. Pendidikan multikultural dapat didefinisikan sebagai pendidikan untuk atau tentang keragaman kebudayaan dalam merespon perubahan demografis dan kultural lingkungan masyarakat tertentu bahkan dunia secara keseluruhan. Hal ini sejalan dengan pendapat. Pendidikan multikultural adalah suatu pendekatan progresif untuk melakukan transformasi pendidikan yang secara menyeluruh membongkar kekurangan, kegagalan, dan praktik-praktik diskriminasi dalam proses pendidikan. Dengan demikian pendidikan multikultural, diharapkan adanya kekenyalan dan kelenturan mental bangsa menghadapi benturan konflik sosial. Pendidikan multikultural adalah sebuah bentuk pendidikan yang menerapkan strategi dan konsep pendidikan yang berbasis pada pemanfaatan keragaman yang ada di masyarakat, khususnya yang ada pada siswa seperti keragaman etnis, budaya, bahasa, agama, status sosial, gender, kemampuan, umur, dan ras. Dan yang paling penting, strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa agar selalu berperilaku humanis, pluralis, dan demokratis.
PENERAPAN NILAI – NILAI MODERASI BERAGAMA DI BALI STUDI KERJA SAMA RUMAH MODERASI BERAGAMA IAIN CURUP DI UNIVERSITAS HINDU NEGERI I GUSTI BAGUS SUGRIWA BALI Sumarto Sumarto
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 3 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i3.320

Abstract

Penerapan nilai – nilai Moderasi Beragama di Bali studi kerja sama Rumah Moderasi Beragama IAIN Curup di Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Bali. Moderasi hidup beragama merupakan tata cara kehidupan beragama yang kondusif, aman, nyaman, tenteram, damai, rukun, harmonis, penuh toleransi, dan memiliki pribadi beragama yang ramah tamah. Berdasarkan kegiatan studi kerja sama yang dilakukan Rumah Moderasi Beragama IAIN Curup yaitu filosofi moderasi beragama Hindu terlihat dari tata hidup beragama yang didasari oleh ajaran agama Hindu sesuai pustaka suci Weda dan susastra sebagai pedoman atau tuntunan hidup beragama Hindu secara mudah, praktis, aman, nyaman, damai, rukun, toleransi, harmonis, dan kondusif. Hal ini sesuai dengan indicator dari Moderasi Beragama yaitu toleransi dan tidak melakukan kekerasan serta ramah terhadap budaya dan relegi lokal. Moderasi Beragama menjaga dan mengembangkan potensi Bangsa Indonesia berupa keragaman suku, ras, budaya, bahasa, agama, dan lain sebagainya merupakan modal utama dalam melaksanakan pembangunan. Meski beragam, Indonesia tetap satu. Keragaman di Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa. Pentingnya Pemerintah harus bisa mendorong keberagaman tersebut menjadi suatu kekuatan untuk bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional menuju Indonesia yang lebih baik.
MAKNA PEMBAHARUAN PENDIDIKAN, USAHA-USAHA DAN BENTUK INOVASI / PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ERA MILENIAL Syar’iyah Syar’iyah
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 3 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i3.321

Abstract

Inovasi pendidikan adalah suatu ide, barang, metose yang dirasakan, diamati sebagai hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik berupa hasil inversi (penemuan baru) atau dicovery (yang ditemukan orang), dan digunakan untuk mencapau tujuan pendidikan dan memecahkan maslah yang dihadapi. Inovasi dalam dunia pendidikan dapat berupa apa saja, produk ataupun sistem. Produk misalnya, seorang guru menciptakan media pembelajaran mock up (gambaran atau visualisasi dari konsep pembelajaran) untuk pembelajaran. Dan sistem misalnya, cara penyampaian materi di kelas dengan tanya jawab ataupun lainnya yang bersifat metode. Inovasi dapat di kreasikan sesuai pemanfaatnnya, yang menciptakan hal baru, memudahkan dalam dunia pendidikan serta mengarah pada kemajuan pendidikan di era milenial.Pembaharuan atau inovasi merupakan segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia dan dikatakan sebagai hal baru dalam masyarakat sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia. Dengan kata lain inovasi merupakan hal yang diperlukan dalam bidang pendidikan dan diterapkan dalam berbagai jenjang pendidikan. Sebagai seorang pendidik, sepatutnya kita mengatahui dan sapat menerapkan berbagai inovasi untuk dapat mengembangkan proses pembelajaran agar memperoleh hasil yang lebih maksimal.
SISTEM PENDIDIKAN, PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM DAN KOMPONEN SERTA INTERPENDENSI ANTAR KOMPONEN PENDIDIKAN Dahniar Dahniar
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 3 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i3.322

Abstract

Masukkan usaha pendidikan ialah peserta didik dengan berbagai ciri-ciri yang ada pada diri peserta didik itu ( bakat, minat,kemampuan,keadaan jasmani). Dalam proses pendidikan terkait berbagai hal, seperti pendidik, kurikulum gedung, sekolah ,buku, metode mengajar,dan lain-lain, sedangkan hasil pendidikan dapat meliputi hasil belajar(yang berupa pengetahuan, sikap, keterampilan) setelah selesanya proses belajar mengajar tertentu. Dalam rangka yang lebih besar,hasil proses belajar dapat berupa lulusan dari lembaga pendidikan ( sekolah ) tertentu. Setiap unsur dalam sistem pendidikan saling berkaitan dan pengaruh memengaruhi. Kelemahan salah satu unsur dalam sistem tersebut akan mempengaruhi seluruh sitempendidikan lain. Oleh karena itu dalam usaha mengembangkan sistem pendidikan lain. Oleh karena itu dalam usaha mengembangkan sistem pendidikan, setiap unsur pokok dalam sistem pendidikan harus mendapat perhatian dan pengembangan yang utama.

Page 1 of 1 | Total Record : 10